Google
 

Wednesday, February 4, 2009

3 Tipe Pemangkasan

gambar dari jadefriday

Artikel ini bersumber dari USDA forest service

Seperti telah dibahas dalam post sebelum ini, tujuan dari pemangkasan ada tiga:




Tipe pemangkasan yang paling umum adalah:

1. Penipisan mahkota

adalah penghilangan secara selektif percabangan untuk meningkatkan penetrasi cahaya dan pergerakan udara pada mahkota pohon. Tujuannya adalah untuk mempertahankan atau mengembangkan bentuk dan struktur pohon.

Dahan yang akan dibuang berwarna biru. Potongan pangkas harus dibuat pada garis merah. Jangan lebih dari 1/4 dahan hidup dibuang pada satu waktu pemangkasan

Untuk menghindari stress dan mencegah produksi tunas epikormik yang berlebihan, jangan memangkas lebih dari 1/4 mahkota pada satu waktu. Jika dibutuhkan untuk memangkas lebih banyak, sebaiknya dilakukan enam bulan lagi.

2. Menaikkan mahkota

warna biru untuk cabang yang akan dibuang. Potongan dilakukan pada garis merah. Rasio mahkota hidup dari tinggi pohon total setidaknya 2/3 nya

Menaikkan mahkota adalah menghilangkan cabang bawah mahkota pohon agar tercipta ruang bagi pejalan kaki, mobil, bangunan, dataran atau untuk membentuk batang yang bersih untuk produksi kayu.

Setelah pemangkasan, rasio dari mahkota terhadap tinggi pohon total harus lah sekitar 2/3 (contoh pohon setingi 12 meter seharusnya mempunyai cabang terbawah pada ketinggian 8 meter).

3. Pengurangan mahkota
Warna biru untuk dahan yang akan dibuang. potongan dilakukan pada garis merah. untuk mencegah cabang mati, potongan harus dibuat di ranting lateral yang ukurannnya setidaknya 1/3 dari cabang utama yang menempelnya.

Pengurangan mahkota adalah yang paling sering dilakukan ketika pohon menjadi terlalu besar daripada ruang yang tersedia. Metoda ini kadang disebut drop crotch pruning. Dipilih daripada cara topping (potong/bantai) karena menghasilkan penampakan yang lebih natural, memperjarang jadwal pemangkasan kemudian dan mengurangi stress

Metode terakhir ini kadang menghasilkan luka pangkas yang besar pada batang utama yang bisa mengakibatkan busuk. Metoda ini jangan dilakukan pada pohon dengan bentuk tumbuh pyramidal. Solusi jangka panjang yang lebih baik adalah menebang pohon dan menggantinya dengan pohon yang tidak akan tumbuh melebihi ruang yang tersedia.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...