Google
 

Tuesday, February 3, 2009

Mengapa pohon perlu dipangkas

gambar dari heimatiater

Pernah bertanya-tanya kenapa kalau kita melihat filem-filem barat, di taman nya pohon-pohon terlihat cantik dengan batang yang tegak dan seragam? Jawabannya: Karena pohon-pohon itu dirawat dengan dipangkas (pruning).


Pemangkasan dilakukan agar pohon:
1. lebih kuat
2. sehat
3. cantik dan menarik.
Tentu saja memangkasnya harus benar. Dengan memahami bagaimana, kapan dan mengapa harus memangkas dan dengan mengikuti prinsip-prinsip sederhana, tujuan ini bisa dicapai.

Tujuan utama memangkas pohon hias dan peneduh termasuk juga hal keamanan, kesehatan dan keindahan. Pemangkasan bisa menstimulasi tumbuhnya buah dan meningkatkan nilai kayu. Memangkas untuk keamanan termasuk menghilangkan percabangan yang bisa jatuh dan menimbulkan luka atau kerusakan property, memangkas percabangan yang bertabrakan dengan garis pandang di jalan atau jalan masuk, dan menghilangkan cabang yang tumbuh dikabel-kabel utility.

Memangkas untuk kesehatan pohon termasuk menghilangkan kayu yang berpenyakit atau terinfeksi serangga, menjarangkan mahkota pohon untuk meningkatkan aliran udara dan mengurangi beberapa masalah hama, dan menghilangkan percabangan yang bersilangan dan bergesekan.

Pemangkasan sangat baik untuk menunjang pohon untuk mengembangkan struktur yang kuat dan mengurangi kemungkinan kerusakan selama cuaca buruk. Menghilangkan kayu yang patah atau rusak akan mengakibatkan luka pada kayu (callus) cepat tertutup.

Memangkas untuk tujuan keindahan yaitu untuk mempertegas bentuk natural dan karakter pohon atau menstimulasi pembentukan bunga.

Sebelum membahas bagaimana cara memangkas pohon yang benar, ada cara memangkas yang TIDAK BOLEH dilakukan terhadap pohon, yaitu memotong/memenggal batang pohon (topping off). Kita akan membahas hal ini lain kali.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...